Perlombaan Panjat Pinang HUT RI 2017 - mustopa mumus

mustopa mumus

Mustopa mumus

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday 20 August 2017

Perlombaan Panjat Pinang HUT RI 2017

Perlombaan Panjat Pinang HUT RI 2017

Merdeka!! 
Merdeka!! 
Merdeka!! 

Seluruh masyarakat Indonesia kini sedang merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72. Karnaval adalah acara yang tak pernah ketinggalan dalam perayaan HUT RI. Dimana dalam acara tersebut akan ditampilkan berbagai macam pertunjukan mulai dari ksenian tradisional, baju tradisional bahkan sampai kegiatan yang berhubungan dengan profesi masyarakat. Semua itu ditampilkan sebagai wujud peduli pada HUT RI. 


Diantara itu semua ada satu kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam memperingati HUT RI. Masyarakat kerap mengadakan lomba-lomba untuk anak-anak bahkan untuk orang tua juga. Meski hadiah yang didapatkan tidak begitu besar namun mereka tetap antusias mengikutinya. Namun ada satu perlombaan yang tidak pernah ketinggalan dalam peringatan HUT RI. Tentu kita sudah tau apa perlombaan itu kan? Ya, panjat pinang adalah perlombaan yang tidak pernah dilewatkan dan amat sangat ditunggu masyarakat.

Perlombaan ini biasanya dilakukan oleh beberapa kelompok atau tim. Biasanya terdiri dari 4-5 orang tergantung tinggi pohon pinang yang akan dipanjat. Pada perlombaan ini masing-masing tim harus berlomba mengantarkan satu anggota tim mereka ke puncak pinang dengan saling menopang tubuh anggotanya dari bawah sampai atas dimana di puncak tersebut terdapat hadiah yang akan mereka dapatkan. 


Namun tidak semudah yang dibayangkan seperti memanjat pohon biasa. Karena pada batang pohon ini diberi pelicin seperti oli, gomok, dan sabun. Sehingga terkadang para peserta menjadi penuh oli  dan gomok pada wajah dan tubuhnya. Disitulah letak keseruan yang paling ditunggu masyarakat. 

Mengapa harus pohon pinang? Karena pohon pinang memiliki bagian batang yang mudah untuk dihaluskan dan tidak melukai badan pemanjat. Selain itu juga batang pohon pinang memiliki ukuran yang pas untuk di pegang saat memanjat. Batang pohon pinang juga memiliki tekstur batang yang kuat dan tidak mudah patah. 

Apa harus selalu pohon pinang ? Tidak juga, karena beberapa masyarakat juga terkadang membuat dengan batang pohon pisang. Caranya dengan menggantung pohon pisang dengan posisi terbalik. Yakni bagian bawah pisang diletakkan pada bagian atas dengan posisi ujung pisang pada bagian bawah tidak menempel pada tanah. 

Alasan perlombaan acara HUT RI ini mengadakan panjat pinang adalah menghargai perjuangan para pahlawan yang berjuang dalam menghadapi para penjajah untuk memperoleh kemerdekaan. Dan dari situ kita bisa mengambil pelajaran untuk saling bergotong royong dan jika kita menginginkan sesuatu kita harus berlomba dan berjuang untuk memperolehnya. 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Laman