Cara Memilih Jurusan Untuk Masuk Fakultas - mustopa mumus

mustopa mumus

Mustopa mumus

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday 20 July 2018

Cara Memilih Jurusan Untuk Masuk Fakultas


Setelah menamatkan pendidikan setingkat SMA/SLTA, pastinya Anda ingin melanjutkan kembali ke tingkat lebih tinggi bukan? Tidak hanya berlaku buat yang barus lulus kemarin sore saja, untuk yang sudah lama vakum menuntut ilmu, juga masih dapat melakukan, selama ada kemauan dan tekad di dalam hati mengapa tidak?

Meski tidak menjamin kesuksesan seseorang ditentukan dari ijazah yang didapatkan, namun bukan berarti ini tidak boleh dilakukan.
Semua baik dikerjakan selama memberi manfaat kebaikan. Tapi kebingunan terjadi manakala sudah dihadapkan berbagai jurusan yang ada di fakultas. Supaya tidak salah pilih dan menyesal kelak di kemudian hari, berikut hal-hal yang harus diperhatikan.

1] Melihat Kemampuan Diri Sendiri

‘’Supaya tidak menjadi gila karenanya, selayaknya impian berbanding lurus dengan kenyataan!’’ Ungkapan ini memang benar adanya. Anda boleh berhayal dalam hidup, menginginkan ini itu tercapai, tapi ingat dan selalu mawas dirilah. Pun yang terjadi pada saat harus berhadapan dengan berbagai macam jurusan di fakultas, selalu sadar akan kemampuan diri sendiri, akan menghindari Anda dari masalah berat kelak di kemudian hari. Jangan mengharapkan apa yang tidak ada pada diri sendiri. Akan lebih baik memaksimalkan potensi yang ada daripada menghayal yang bukan-bukan, sebab itu tidak baik dan bisa merusak kesehatan.

2] Memperhatikan Hobi

Memperhatikan hobi yang dimiliki merupakan solusi paling bijak, di saat hati dilanda kebingungan menghadapi banyaknya pilihan yang menggiurkan. Jika kegemaran Anda berkesenian misalnya senang  menulis fiksi, main drama, olahraga, utak-atik barang elektronik dan ITE dan masih banyak lagi. Maka pilihlah jurusan yang benar-benar sesuai. Ini akan lebih mudah dipelajari dan ditekuni daripada mengikuti saran dan pendapat orang lain, yang belum tentu merasa nyaman karenanya. Belajarlah fokus pada satu hal tapi sesuai passion, tidak perlu masuk jurusan yang Anda sendiri tidak paham. Bukannya hasil memuaskan yang didapat, justru kemalasan dan kebosanan yang ada. Sebab kuliah tidak sesuai keinginan.

3] Memperhitungkan Kekuatan Dana Yang Dimiliki

Anda boleh memiliki hayalan setinggi apapun disesuaikan dengan hobi, tapi pada akhirnya kekuatan danalah yang nanti berbicara di pungkasan cerita. Untuk itulah perlunya mencari alternatif, bila menginginkan dapat tetap masuk ke sana, yaitu dengan berkerja paruh waktu usai kuliah.

4] Mempertimbangkan Prospek Masa Depan

Setiap jurusan yang ada di fakultas, pasti memiliki prospek masa depannya sendiri-sendiri. Nah, ini adalah tugas Anda ketika jurusan yang Anda incar sudah sesuai hobi, namun apa daya keuangan tidak mendukung. Anda bisa mempelajari ini semua. Tentang hal-hal yang diajarkan selama proses belajar, dan bagaimana masa depan selanjutnya usai kuliah. Apakah ada jurusan pengganti hobi yang mempunyai masa depan bagus serta tidak berat di kantong? Jika ada masukklah ke sana. Meski ini kurang nyaman. Namun apa boleh buat, sebab Anda tidak mampu memperjuangkan dana guna menghandle mengatasi biaya selangit pilihan Anda. Teruslah berusaha dan berdoa, semoga Tuhan bersedia memberi petunjuk.

5] Meminta Pendapat Orangtua

Bila menghadapi kesulitan, jangan hanya dipikir sendiri. Anda mempunyai orang-orang disek Utara yang bisa di ajak tukar pendapat. Bila masih memiliki orangtua, tidak ada salahnya meminta pendapat dan saran terbaik darinya. Jangan semua diatasi sendiri, itu tidak baik. Walau bagaimanapun orangtua wakil keberadaan Tuhan di dunia.
Jadi hormati dan hargailah pendapatnya. Siapa tahu setelah berbicara mendapat jalan keluar terbaik, Anda tidak tahu bukan?

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Laman