Cara Mengatasi Bayi Cegukan Super Cepat - mustopa mumus

mustopa mumus

Mustopa mumus

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday 22 July 2018

Cara Mengatasi Bayi Cegukan Super Cepat

Kasus cegukan sangat lumrah terjadi pada anak-anak, bahkan orang dewasapun tak jarang masih mengalami. Namun yang paling rentan adalah bayi yang belum genap berusia setahun. Ini disebabkan reaksi otot-otot diafragma, bukan pernafasan, yang tiba-tiba dan tanpa disadari menutup pita suara di kerongkongan, sehingga menimbulkan suara khas bayi cegukan di bagian atas tenggorokan.




Dari peristiwa tersebut, tak jarang para ibu menjadi panik dan ketakutan. Cemas kalau-kalau bayinya  celaka atau terganggu kecemasannya. Tapi Anda tidak perlu merasa khawatir, bukan sesuatu yang membahayakan dan dapat diatasi dengan beberapa tindakan.

Berikut cara mengatasi bayi cegukan :

1] Ganti Posisi Menyusui

Cegukan timbul sebab ada udara masuk melalui mulut bayi, dan hal tersebut bisa saja terjadi pada saat bayi sedang menyusu pada ibunya. Supaya tidak terjadi cegukan, alangkah baiknya selalu mengganti posisi kala memberikan ASI. Diharapkan setelah ini tidak ada lagi cegukan, atau bila ternyata masih terjadi, dapat dihentikan sejenak sampai cegukan menghilang.

2] Memastikan Posisi Menyusui Dengan Benar

Memastikan posisi menyusui dengan benar merupakan cara lain mengatasi cegukan. Adapun caranya ialah baik puting maupun areola masuk ke dalam mulut bayi semua tanpa sisa. Lalu pastikan perutnya juga menghadap lurus ke tubuh Anda. Dengan begitu bayi dapat menerima ASI secara perlahan dan cegukan tidak terjadi lagi.

3] Memeluk Bayi

Memeluk bayi dipercaya mampu mengatasi cegukan yang ada. Anda dapat menghentikan peristiwa ini dengan memeluknya lembut selama beberapa saat, baru kemudian melanjutkan aktifitasnya kembali memberi ASI.

4] Menepuk Punggung Bayi

Menepuk punggung bayi juga merupakan cara ampuh dan cepat menghentikan cegukan. Caranya adalah tegakkan tubuh bayi dengan bersandar di dada Anda, dengan posisi punggung di belakang. Lalu secara perlahan tepuk-tepuklah punggungnya sampai ia dapat bersendawa. Tunggu beberapa saat sampai selesai, baru lanjutkan kembali memberi makan atau menyusui.

5] Memberi Makan Sedikit Demi Sedikit

Jika terjadi cegukan dan kebetulan si bayi sedang makan, maka cara ampuh menghentikannya adalah dengan memberi makan sedikit demi sedikit.

6] Tegakkan Tubuh Bayi

Alternatif lain untuk menghindari cegukan lainnya yakni dengan menegakkan bayi setiap kali usai makan dan minum ASI selama kurang lebih setengah jam secara rutin. Diharapkan dengan melakukan hal tersebut, si bayi akan terhindar dari cegukan.

7] Biarkan Berhenti Sendiri

Selama tubuh bayi sehat dan tidak mengalami gangguan kesehatan apapun, maka kasus cegukan menjadi hal wajar dan biasa. Jadi tidak perlu merasa tidak tenang, jika itu terjadi. Terkecuali merasa sudah melakukan perawatan dan tips-tips mencegahnya, akan tetapi masih terjadi lagi. Anda wajib berhati-hati dan waspada. Segeralah pergi ke dokter atau puskesmas untuk mendapat pelayanan lebih jauh, agar bila terdeteksi suatu penyakit dapat segera diatasi dengan cepat.

8] HindarI Makanan Pemicu Gas

Bila bayi tidak diberi susu formula, dan sepenuhya tergantung dari jumlah asupan ASI, maka ada salah satu cara mengatasi, yakni dengan menghindari bahan makanan dan minuman yang ditengarai banyak mengandung gas, seperti : soffdrink bersoda, daun bawang serta aneka bawang-bawangan misalnya bawang merah dan putih. Termasuk dalam hal ini sate kambing yang memakai bawang merah mentah. Di samping memicu terjadinya gas, daging kambing untuk sebagian tubuh manusia ada yang tidak dapat menerima, meski itu masih bayi, sebab panas menyebabkan otot kaku menegang. 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Laman