Tips Menjaga Keselamatan Anak Usia Dini - mustopa mumus

mustopa mumus

Mustopa mumus

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday 13 September 2017

Tips Menjaga Keselamatan Anak Usia Dini


Usia dini adalah awal dari masa anak untuk mulai mengenal dan menerima berbagai ilmu, baik ilmu agama, ahlaq, dan pengetahuan lainnya.
Disamping itu masa usia dini merupakan masa anak-anak memerlukan perhatian dan pendampingan dari orang tua.

Anak dapat diumpamakan harta yang paling berharga untuk orang tua. Apapun itu akan dilakukan dan akan diberikan demi memenuhi keinginan si buah hati tercinta. Keinginan anak memiliki dua bagian yang sama-sama penting dan sangat dibutuhkan, yakni kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebutuhan jasmani meliputi materi dan perlengkapan pakaian sedangkan kebutuhan rohani meliputi kasih sayang dan tanggung jawab dalam menjaga dan merawatnya.

Namun sering kali banyak orang tua yang lalai untuk memenuhi kebutuhan keduanya. Tak sedikit orang tua yang hanya mementingkan kebutuhan materi si anak tanpa memperdulikan keamanan buah hatinya. Sebagai contoh orang tua yang memberikan banyak uang jajan yang berlebih akan tetapi tidak memiliki waktu untuk menunggunya di sekolah. Sehingga sering terjadi perubahan perilaku yang tidak sesuai dengan karakter yang diinginkan oleh orang tua.

Selain itu pentingnya untuk menunggu anak sampai jam pulang sekolah adalah untuk memastikan keamanan dan keselamatan si anak. Apalagi di zaman sekarang ini yang kerap terjadi aksi penculikan pada anak usia dini. Tentunya semua orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya.

Saya akan berbagi sedikit tips untuk para ibu yang memiliki kesibukan namun menginginkan anaknya tetap dapat mengikuti pelajaran di sekolah dengan aman.

Lakukan tips berikut :

  1. Percayakan anak pada orang terdekat yang juga memiliki kedekatan atau disukai oleh anak anda.
  2. Jagalah komunikasi dengan orang yang anda percaya untuk menjaga anak anda. Sesekali menanyakan apa yang terjadi selama di sekolah kepada si anak dan juga kepada orang yang anda percaya.
  3. Pastikan juga anda menjalin komunikasi dengan para guru dan para staf yang ada disekolah anak untuk menjamin keselamatan anak anda.

Dengan memahami tiga hal tersebut dapat mengurangi angka kriminalitas terhadap anak-anak usia dini. Karena usia dini adalah masa yang sangat rawan terjadi aksi kriminal dan asusila oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Ingat! Kejahatan terjadi bukan karena ada niat pelakunya akan tetapi karena ada kesempatan, WASPADALAH!!!
Silahkan share dan komen pada kolom yang tersedia karena berbagi itu mentenagkan.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Laman